Friday 31 July 2015

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SMA NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT
 KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2011/2012


Sekolah                                            : SMA Negeri 1 Way Tenong
Kelas /  program                               : -
Tahun pelajaran                                : 2011/2012
Tugas Perkembangan                       : -
Standar Kompetensi                        : Mengerti dan dapat memahami permasalahan yang sedang dirasakan menyangkut orang lain
Kompetensi Dasar                           : Memiliki pandangan permasalahan
·         Indikator                              : konsulti dapat meneyelesaikan masalahnya sendiri yang menyangkut orang lain

A
Bahasan/Topik Permasalahan 
sikap dan prilaku siswa/(anak)
B
Bidang Bimbingan                           
pribadi dan sosial
C
Jenis Layanan                                                       :
Konsultasi
D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan pencegahan
E
Tujuan
konsulti dapat menyelesaikan persoalannya secara mandiri dengan pihak ke tiga(sisiwa/anaknya)
F
Sasaran layanan                                :
orang tua dan siswa

G
Uraian Kegiatan dan Materi Layanan 1.Uraian Kegiatan   
·         Perencanaan

·         Kegiatann inti





·         Penutup


1)      Mengidentifikasi konsulti
2)      mengatur pertemuan
3)      Menetapkan fasilitas layanan
4)      Menyiapkan kelengkapan administrasi

1)      Menerima konsulti
2)      Menyelenggarakan penstrukturan konsulti
3)      Membahas masalah yang dibaawa konsulti berkenaan  dengan pihak ke tiga
4)      Mendorong dan melatih konsulti untuk:
a.       Mampu menangani masalah pihak ketiga
b.      Memanfaatkan sumber-sumber yang ada
5)     Membina komitmen konsulti untuk mennagani masalah     pihakketiga denagn bahasa dan cara konseling
6)      Melakukan penilaian segera


1)      Konselor menanyakan apakah konsulti memahami  permasalahanya sendiri dan apakah konsulti akan mencoba  solusi atau saran yang telah diberikan
2)      konsulti mengakhiri konsultasi
I
Metode                                                       :
Diskusi, wawancara dan tanya jawab
J
Tempat Penyelenggaraan                                                       : Di ruang BK
Ruang BK
K
Waktu                                                       : 07.30-09.00
07.30
L
Penyelenggara Layanan                                                       : Guru Pembimbing
Guru pembimbing
M
Pihak yang disertakan                                                       : -

N
Alat dan Perlengkapan                                                      :

O
Rencana Penilaian


LAYSEG

LAYJAPEN


LAYJAPANG


·         apakah konsulti memahami permasaalahannya dengan pihak  ketiga

·         konsulti dapat mengambil keputusan  agar permasalahanya dapat terselesaiakan

·         konsulti mencoba  hal-hal yang didapat dari hasil konsultasi memberikan perhatian, lebih dekat denagn anak, dan membina komunikasi dengan baik
P
Rencana Tindak Lanjut                                                      :
Layanan mediasi, koseling perorangan



Catatan Khusus                             



                                                        
Mengetahui                                                                 Kalianda,   April 2012
Kepala SMA Negeri 1 Way Tenong                                                   Guru BK
                         

Drs. Indra Yani Muin M.Pd                                                            Niah Kuspita
             NIP. 12784176800098                                                                      NPM. 09130462










LAPORAN HASIL LAYANAN KONSULTASI

1.      Praktek layanan
·         Niah Kuspita sebagai konselor
·         Klien : Ratna Agustina (klien, orang tua)
·         Masalah : prilaku anak yang kurang baik sehingga menimbulkan prilaku –prilaku yang negative
·         Focus problem
 


Orang tua                                      siswa
Orang tua kurang  bisa meyakinkan  kepada anak, bahawa prilaku yang  sedang dilakukan anaknya  adalah hal yang kurang baik. Seperti dibawah ini perilaku anak  yang sering dilakukan:
1.      Anak mulai membandel (membantah orang tua)
2.      Sering pulang terlambat
3.      Sering keluar malam
4.      Tidak adanya komukasi antara orang tua dengan anak
5.      Kurangnya perhatian orang tua dalam  dalam arti kasih saying
6.      Kurang pendekatan antara ayah dan anak
·         Saran dan solusi  yang diberikan konselor kepada konsulti
1.      Memberikan perhatian lebih kepada anak dan pemahaman tentang pergaulan yang ada di luar
2.      Membina komunikasi dengan baik  dan saling menghormati sehingga terjalin hubungan yang saling menghargai
3.      Adanya keterbukaan dari orang tua kepada anak sehingga orang tua dapat memahami kebutuhan anak.
4.      Melakukan pendekatan sehingga anak  merasa nyaman di rumah dan menjadikan orang tua sebagai sahabat anak. Sehingga orang tua mengetahui masa tugas-tugas perkembangan anak pada usia remaja akhir
5.      Orang tua harus terlebih dulu memberikan contoh-ontoh prilaku yang baik sehingga anak berkemungkinan tidak menirunya, dan dalam sebuah prilaku tentunya orang tua diadikan  contoh atau figur untuk anaknya.
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SMA NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT
 KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2011/2012


Sekolah                                            : SMA Negeri 1 Way Tenong
Kelas /  program                               : -
Tahun pelajaran                                : 2011/2012
Tugas Perkembangan                       : mencapai kematangan dalam hubungan teman sebaya, serta kematangan dalam peranannya sebagi pria atau wanita

Standar Kompetensi                        : mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam perannya sebagi pria atau wanita

Kompetensi Dasar                           : - memahami pola hubungan sosial dengan teman sebaya dalam perannya sebagai pria atau wanita
                                                         : - mampu menjalin hubungan social dengan teman sebaya dalm peranannya sebagai pria atau wanita

Indikator                                          : para klien dapat meneyelesaikan masalahnya secara mandiri

A
Bahasan/Topik Permasalahan 
sikap dan prilaku siswa di kelas saling mengejek
B
Bidang Bimbingan                          
pribadi dan sosial
C
Jenis Layanan                                                       :
Mediasi
D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan pencegahan
E
Tujuan
a.       Agar terjadi hubungan  yang kondusif diantara para klien yang sedang konflik.
b.      Mendekatkan kondisi awal mereka yang negative menjadi kondisi yang di inginkan.
F
Sasaran layanan                               :
siswa (teman sekelas)
G
Uraian Kegiatan   
·         Perencanaan

·         Kegiatann inti





·         Penutup

1)      Mengidentifikasi kedua klien yang bertikai
2)      mengatur pertemuan
3)      Menetapkan fasilitas layanan
4)      Menyiapkan kelengkapan administrasi

1)      Menerima konsulti
2)      Menyelenggarakan penstrukturan
3)      Membahas masalah yang terjadi pada keduanya sehingga terjadi perselisihan
4)      Mendorong dan melatih keduanya untuk:
a.       Mampu menangani masalah  dari kedua belah pihak
b.      Memanfaatkan sumber-sumber yang ada
c.       Membina komitmen para klien untuk menangani masalah     dari kedua belah pihak denagn bahasa dan cara konseling
d.      Melakukan penilaian segera
1) Konselor menanyakan apakah kedua belah pihak  memahami    
     Permasalahannya sehingga menyebabkan peselisihan  dan apakah 
    kedua pihak tersebut akan mencoba untuk menyelesaikan
    permasalahan tersebut dengan mandiri secara damai dari  solusi   
    atau saran yang  telah diberikan,
2)   Keduanya mengakhiri mediasi, keduanya sudah merasa  
 konpliknya sudah berahir dengan damai
 H

Metode

Diskusi, wawancara dan tanya jawab
J
Tempat Penyelenggaraan                                                       : Diruang BK
Ruang BK
K
Waktu                                                       : 07.30-09.00
07.30
L
Penyelenggara Layanan                                                       : Guru Pembimbing
Guru pembimbing
M
Pihak yang disertakan                                                       : -

N
Alat dan Perlengkapan                                                      :

O
Rencana Penilaian

LAYSEG


LAYJAPEN


LAYJAPANG

·         apakah kedua pihak tersebut  memahami permasaalahannya yang menyebabbkan peselisihan diantara keduanya.

·         Kedua belah pihak  dapat mengambil keputusan  agar permasalahanya dapat terselesaikan dengan damai

·         Kedua belah pihak dapat melakukan dan  mencoba  hal-hal yang  telah disepakati seperti, saling meminta maaf, lebih saling menghargai dan menghormati dan  memberikan  tanggapan dan respon yang positip, membina  hubungan social dan hubungan  komunikasi dengan baik.
P
Rencana Tindak Lanjut                                                      :
Himpunan data, Konferensi kasus, kunjungan rumah


Catatan Khusus                            


                                                        
Mengetahui                                                                 Kalianda,   April 2012
Kepala SMA Negeri 1 Way Tenong                                                   Guru BK


Drs. Indra Yani Muin M.Pd                                                            Niah Kuspita
             NIP. 12784176800098                                                                      NPM. 09130462
LAPORAN HASIL MEDIASI



1.      Praktek Layanan
a.      Layanan  Mediasi ( 7 April 2012)
b.      Konselor : Niah Kuspita
c.        Klien  : 
·         Ratna agustina (siswi)
·         M. Aqil Al-bisry (siswa)


2.      Konplik yang terjadi

Aqil diminta maju untuk kedepan mengerjakan PR matematika, tetapi ia tidak bisa kereana bukunya tertinggal dirumah, lalu ratna mengejek  aqil karena tidak maju kedepan dengan memmbaw a PR nya, akhirnya aqil merasa malu dengan teman-teman yang lain dan langsung mengejek ratna dengan menyebut nama orang tua.

Ratna :   bermula mengejek Aqil, dan Aqil tidak terima  tersinggung akhirnya balik mengejek,

Aqil   :  Aqil merespon balik mengejek dengan membawa nama orang tua ratna, dan
            menempelkan permen karet, dan akhirnya menjadi keributan .

3.      Cat
Cenderung saling menyalahkan dan tidak ada sikap saling menghargai antar teman.
















LAPORAN  PELAKSANAAN DAN EVALUASI (PENILAIAN)
SATUAN LAYANAN /PENDUKUNG BIMBINGAN DAN KONSELING
SMA NEGERI 1WAY TENONG LAMPUNG BARAT



A.    Topik Permasalahan /Bahasan       : Sikap dan prilaku siswa( sebagai siswa)
B.     Spesifikasi kegiatan                     
1.      Bidang bimbingan                    : pribadi dan sosial
2.      Jenis layanan/ pendukung         : konnsultasi
3.      Fungsi layanan                          : pemahaman dan pencegahan
4.      Sasaran layanan/ pendukung    : orang tua siswa
C.     Pelaksanaan kegiatan/ pendukug 
1.      Waktu                                       : tgl :  7 Mei 2012, pukul : 08.00
2.      Tempat                                      : Ruang BK
3.      Deskripsi komentar tentang pelaksanaan layanan/ pendukung
D.    Evaluasi layanan                           :
E.     Tindak lanjut






                                                                                   Metro, 21 mei 2012
       Kelapala Sekolah                                                  Guru Pembimbing

Drs. Indra Yani Muin M.Pd                                                            Niah Kuspita                                                                      NIP. 12784176800098                                                                      NPM. 09130462

No comments:

Post a Comment