SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SMA NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT
KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Sekolah : SMA Negeri 1 Way Tenong
Kelas / program : -
Tahun pelajaran : 2011/2012
Tugas Perkembangan : -
Standar Kompetensi : Mengerti dan dapat memahami permasalahan yang sedang dirasakan menyangkut orang lain
Kompetensi Dasar : Memiliki pandangan permasalahan
· Indikator : konsulti dapat meneyelesaikan masalahnya sendiri yang menyangkut orang lain
A
|
Bahasan/Topik Permasalahan
|
sikap dan prilaku siswa/(anak)
|
B
|
Bidang Bimbingan
|
pribadi dan sosial
|
C
|
Jenis Layanan :
|
Konsultasi
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan pencegahan
|
E
|
Tujuan
|
konsulti dapat menyelesaikan persoalannya secara mandiri dengan pihak ke tiga(sisiwa/anaknya)
|
F
|
Sasaran layanan :
|
orang tua dan siswa
|
G
|
Uraian Kegiatan dan Materi Layanan 1.Uraian Kegiatan
· Perencanaan
· Kegiatann inti
· Penutup
|
1) Mengidentifikasi konsulti
2) mengatur pertemuan
3) Menetapkan fasilitas layanan
4) Menyiapkan kelengkapan administrasi
1) Menerima konsulti
2) Menyelenggarakan penstrukturan konsulti
3) Membahas masalah yang dibaawa konsulti berkenaan dengan pihak ke tiga
4) Mendorong dan melatih konsulti untuk:
a. Mampu menangani masalah pihak ketiga
b. Memanfaatkan sumber-sumber yang ada
5) Membina komitmen konsulti untuk mennagani masalah pihakketiga denagn bahasa dan cara konseling
6) Melakukan penilaian segera
1) Konselor menanyakan apakah konsulti memahami permasalahanya sendiri dan apakah konsulti akan mencoba solusi atau saran yang telah diberikan
2) konsulti mengakhiri konsultasi
|
I
|
Metode :
|
Diskusi, wawancara dan tanya jawab
|
J
|
Tempat Penyelenggaraan : Di ruang BK
|
Ruang BK
|
K
|
Waktu : 07.30-09.00
|
07.30
|
L
|
Penyelenggara Layanan : Guru Pembimbing
|
Guru pembimbing
|
M
|
Pihak yang disertakan : -
| |
N
|
Alat dan Perlengkapan :
| |
O
|
Rencana Penilaian
LAYSEG
LAYJAPEN
LAYJAPANG
|
· apakah konsulti memahami permasaalahannya dengan pihak ketiga
· konsulti dapat mengambil keputusan agar permasalahanya dapat terselesaiakan
· konsulti mencoba hal-hal yang didapat dari hasil konsultasi memberikan perhatian, lebih dekat denagn anak, dan membina komunikasi dengan baik
|
P
|
Rencana Tindak Lanjut :
|
Layanan mediasi, koseling perorangan
|
Catatan Khusus
|
Mengetahui Kalianda, April 2012
Kepala SMA Negeri 1 Way Tenong Guru BK
Drs. Indra Yani Muin M.Pd Niah Kuspita
NIP. 12784176800098 NPM. 09130462
LAPORAN HASIL LAYANAN KONSULTASI
1. Praktek layanan
· Niah Kuspita sebagai konselor
· Klien : Ratna Agustina (klien, orang tua)
· Masalah : prilaku anak yang kurang baik sehingga menimbulkan prilaku –prilaku yang negative
· Focus problem
Orang tua kurang bisa meyakinkan kepada anak, bahawa prilaku yang sedang dilakukan anaknya adalah hal yang kurang baik. Seperti dibawah ini perilaku anak yang sering dilakukan:
1. Anak mulai membandel (membantah orang tua)
2. Sering pulang terlambat
3. Sering keluar malam
4. Tidak adanya komukasi antara orang tua dengan anak
5. Kurangnya perhatian orang tua dalam dalam arti kasih saying
6. Kurang pendekatan antara ayah dan anak
· Saran dan solusi yang diberikan konselor kepada konsulti
1. Memberikan perhatian lebih kepada anak dan pemahaman tentang pergaulan yang ada di luar
2. Membina komunikasi dengan baik dan saling menghormati sehingga terjalin hubungan yang saling menghargai
3. Adanya keterbukaan dari orang tua kepada anak sehingga orang tua dapat memahami kebutuhan anak.
4. Melakukan pendekatan sehingga anak merasa nyaman di rumah dan menjadikan orang tua sebagai sahabat anak. Sehingga orang tua mengetahui masa tugas-tugas perkembangan anak pada usia remaja akhir
5. Orang tua harus terlebih dulu memberikan contoh-ontoh prilaku yang baik sehingga anak berkemungkinan tidak menirunya, dan dalam sebuah prilaku tentunya orang tua diadikan contoh atau figur untuk anaknya.
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SMA NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT
KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Sekolah : SMA Negeri 1 Way Tenong
Kelas / program : -
Tahun pelajaran : 2011/2012
Tugas Perkembangan : mencapai kematangan dalam hubungan teman sebaya, serta kematangan dalam peranannya sebagi pria atau wanita
Standar Kompetensi : mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam perannya sebagi pria atau wanita
Kompetensi Dasar : - memahami pola hubungan sosial dengan teman sebaya dalam perannya sebagai pria atau wanita
: - mampu menjalin hubungan social dengan teman sebaya dalm peranannya sebagai pria atau wanita
Indikator : para klien dapat meneyelesaikan masalahnya secara mandiri
A
|
Bahasan/Topik Permasalahan
|
sikap dan prilaku siswa di kelas saling mengejek
|
B
|
Bidang Bimbingan
|
pribadi dan sosial
|
C
|
Jenis Layanan :
|
Mediasi
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan pencegahan
|
E
|
Tujuan
|
a. Agar terjadi hubungan yang kondusif diantara para klien yang sedang konflik.
b. Mendekatkan kondisi awal mereka yang negative menjadi kondisi yang di inginkan.
|
F
|
Sasaran layanan :
|
siswa (teman sekelas)
|
G
|
Uraian Kegiatan
· Perencanaan
· Kegiatann inti
· Penutup
|
1) Mengidentifikasi kedua klien yang bertikai
2) mengatur pertemuan
3) Menetapkan fasilitas layanan
4) Menyiapkan kelengkapan administrasi
1) Menerima konsulti
2) Menyelenggarakan penstrukturan
3) Membahas masalah yang terjadi pada keduanya sehingga terjadi perselisihan
4) Mendorong dan melatih keduanya untuk:
a. Mampu menangani masalah dari kedua belah pihak
b. Memanfaatkan sumber-sumber yang ada
c. Membina komitmen para klien untuk menangani masalah dari kedua belah pihak denagn bahasa dan cara konseling
d. Melakukan penilaian segera
1) Konselor menanyakan apakah kedua belah pihak memahami
Permasalahannya sehingga menyebabkan peselisihan dan apakah
kedua pihak tersebut akan mencoba untuk menyelesaikan
permasalahan tersebut dengan mandiri secara damai dari solusi
atau saran yang telah diberikan,
2) Keduanya mengakhiri mediasi, keduanya sudah merasa
konpliknya sudah berahir dengan damai
|
H
|
Metode
|
Diskusi, wawancara dan tanya jawab
|
J
|
Tempat Penyelenggaraan : Diruang BK
|
Ruang BK
|
K
|
Waktu : 07.30-09.00
|
07.30
|
L
|
Penyelenggara Layanan : Guru Pembimbing
|
Guru pembimbing
|
M
|
Pihak yang disertakan : -
| |
N
|
Alat dan Perlengkapan :
| |
O
|
Rencana Penilaian
LAYSEG
LAYJAPEN
LAYJAPANG
|
· apakah kedua pihak tersebut memahami permasaalahannya yang menyebabbkan peselisihan diantara keduanya.
· Kedua belah pihak dapat mengambil keputusan agar permasalahanya dapat terselesaikan dengan damai
· Kedua belah pihak dapat melakukan dan mencoba hal-hal yang telah disepakati seperti, saling meminta maaf, lebih saling menghargai dan menghormati dan memberikan tanggapan dan respon yang positip, membina hubungan social dan hubungan komunikasi dengan baik.
|
P
|
Rencana Tindak Lanjut :
|
Himpunan data, Konferensi kasus, kunjungan rumah
|
Catatan Khusus
|
Mengetahui Kalianda, April 2012
Kepala SMA Negeri 1 Way Tenong Guru BK
Drs. Indra Yani Muin M.Pd Niah Kuspita
NIP. 12784176800098 NPM. 09130462
LAPORAN HASIL MEDIASI
1. Praktek Layanan
a. Layanan Mediasi ( 7 April 2012)
b. Konselor : Niah Kuspita
c. Klien :
· Ratna agustina (siswi)
· M. Aqil Al-bisry (siswa)
2. Konplik yang terjadi
Aqil diminta maju untuk kedepan mengerjakan PR matematika, tetapi ia tidak bisa kereana bukunya tertinggal dirumah, lalu ratna mengejek aqil karena tidak maju kedepan dengan memmbaw a PR nya, akhirnya aqil merasa malu dengan teman-teman yang lain dan langsung mengejek ratna dengan menyebut nama orang tua.
Ratna : bermula mengejek Aqil, dan Aqil tidak terima tersinggung akhirnya balik mengejek,
Aqil : Aqil merespon balik mengejek dengan membawa nama orang tua ratna, dan
menempelkan permen karet, dan akhirnya menjadi keributan .
3. Cat
Cenderung saling menyalahkan dan tidak ada sikap saling menghargai antar teman.
LAPORAN PELAKSANAAN DAN EVALUASI (PENILAIAN)
SATUAN LAYANAN /PENDUKUNG BIMBINGAN DAN KONSELING
SMA NEGERI 1WAY TENONG LAMPUNG BARAT
A. Topik Permasalahan /Bahasan : Sikap dan prilaku siswa( sebagai siswa)
B. Spesifikasi kegiatan
1. Bidang bimbingan : pribadi dan sosial
2. Jenis layanan/ pendukung : konnsultasi
3. Fungsi layanan : pemahaman dan pencegahan
4. Sasaran layanan/ pendukung : orang tua siswa
C. Pelaksanaan kegiatan/ pendukug
1. Waktu : tgl : 7 Mei 2012, pukul : 08.00
2. Tempat : Ruang BK
3. Deskripsi komentar tentang pelaksanaan layanan/ pendukung
D. Evaluasi layanan :
E. Tindak lanjut
Metro, 21 mei 2012
Kelapala Sekolah Guru Pembimbing
No comments:
Post a Comment